Dekranasda dan CeDES Bima Gelar Pelatihan ATBM

25 08 2008

Sebanyak 24 orang penenun dari berbagai desa mengikuti pelatihan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) atas dukungan GTZ – GLG Mataram yang bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bima yang dipusatkan di Balai Kerja Tenun Desa Renda Kecamatan Belo. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari di mulai hari Kamis (7/08) berakhir tanggal 11 Agustus 2008 turut dihadiri oleh Direktur GTZ – GLG DR. Astia Dendi dan dibuka secara resmi Ketua Dekranasda Kabupaten Bima Hj. Indah Damayanti Putri.
Ketua Panitia H.Nurdin, SH dalam laporannya mengatakan, peserta Diklat ini berasal dari berbagai kecamatan seperti, Kecamatan Sape, Palibeli, Monta, Belo dan Bolo serta Kecamatan Donggo. Tetapi peserta yang terbanyak dari Desa Renda sebagaimana rekomendasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima. Tujuannya, agar mereka bisa memiliki ketrampilan menenun menggunakan alat tenun jenis lain yang hasilnya lebih baik dalam jumlah besar pula.Direktur GTZ – GLG Mataram, DR. Astia Dendi menjelaskan, dukungan GTZ terhadap program pemerintah dan swasta cukup banyak di berbagai wilayah NTB khususnya. Termasuk didalamnya pengembangan kemampuan ekonomi perempuan seperti terhadap ibu-ibu penenun saat ini.
Selanjutnya DR. Dendi berharap agar penenun ini memiliki kemampuan manajemen organisasi untuk menyuarakan aspirasi, memasarkan produksi.
“Pemda juga diharapkan betul-betul membantu pengusaha kecil menengah diberbagai wilayah”, harapnya.
Ketua Dekranasda Kabupaten Bima, Hj. Inbdah Damayanti Putri berharap, para peserta dapat mengambil pengetahuandalam menjalankan ATBM. Sehingga bantuan berupa ATBM beberapa tahun lalu dapat dimanfaatkan guna menghasilkan tenun yang berkualitas sesua permintan pasar. “Termasuk penenun warga Renda juga diminta tidak pelit soal bagaimana membuatnya, karena dengan tukar menukar pengalaman tentunya akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik”, pinta Ibu Dinda.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: